Sejarah Berdirinya PAUD Alvi Hidayah

Sejarah awal berdirinya PAUD Alvi Hidayah (semuala bernama Play Group Alvi Hidayah) dimulai dari idenya salah satu pendiri play group yang bertemu dengan seseorang yang sudah mendirikan play group di kota Jombang saat menjaga ujian nasional di MAN Tambakberas Jombang. Dari pertemuan itulah maka ide muncul untuk mendirikan play group meski berada di pedesaan, karena ini akan sangat membantu anak-anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan berfikir terutama di daerah pedesaan. Pada saat itu di kecamatan Tembelang khususnya belum ada play group sehingga para pendiri mencoba untuk berkonsultasi dengan para tokoh desa untuk mencari dukungan berdirinya sebuah lembaga pendidikan anak usia dini di desa Mojokrapak Tembelang Jombang.

Para tokoh desa sangat mendukung ide mendirikan lembaga pendidikan anak usia dini. Dukungan juga diperoleh dari perangkat desa, hal ini ditunjukkan dengan pemberian ijin untuk mengurus perijinan ke departemen pendidikan nasional kabupaten Jombang.

Dari pertemuan salah satu pendiri dengan seseorang yang sudah mendirikan play group itu ditindak lanjuti dengan survei ke beberapa play group yang ada di Jombang dan Mojokerto. Dari survei itu kebanyakan para pendiri play group tersebut memberikan dukungan dan akan membantu bila ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Setelah dirasa sudah cukup informasi tentang play group baik tentang bagaimana awal mengumpulkan anak-anak untuk diajak masuk ke play group, ijin pendirian, metode mengajar, dan lain sebagainya, maka pada bulan Juli tahun 2003 salah satu pendiri mengajak beberapa orang untuk mendirikan play group sekaligus menjadi tenaga pendidik di play group tersebut. Setelah mendapatkan tenaga pendidik, selanjutnya salah satu pendiri tersebut meminta bantuan kepada orang yang telah ditemui pada waktu menjaga ujian nasional di MAN Tambakberas, agar mengirimkan dua tenaga pengajar di play groupnya untuk mengajar di Play Group Alvi Hidayah sekaligus memberikan training kepada tenaga pengajar di Play Group Alvi Hidayah selama enam bulan.

Setelah selama satu tahun kegiatan play group berjalan tepatnya pada tahun 2004, kepala play group mencari informasi tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Departemen Pendidikan Nasional kecamatan Tembelang. Dari situ kemudian pihak Departemen Pendidikan Nasional bagian Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menyarankan untuk segera mengurus parijinan pendirian play group, karena pendidikan anak usia dini ini sedang gencar-gencarnya dicanangkan oleh pemerintah.

Pada tahun yang sama, pihak penyelenggara play group mengurus akta notaris sekaligus ijin pendirian Play Group Alvi Hidayah di Depertemen Pendidikan Nasional bagian Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Pada bulan Nopember 2004 melalui akta notaris Emy Zuhro ijin pendirian play group turun, dan mulai saat itulah lembaga pendidikan Play Group Alvi Hidayah adalah lembaga pendidikan yang resmi dibawah naungan Depertemen Pendidikan Nasional bagian Pendidikan Luar Sekolah (PLS).

Dari survey di lapangan didapat keterangan bahwa pemberian nama Alvi Hidayah oleh para pendiri dipakai dengan harapan anak-anak yang masuk play group sedini mungkin sesuai dengan namanya Alvi Hidayah mendapatkan seribu petunjuk (banyak petunjuk), sehingga dalam perjalanannya kedepan nanti anak-anak senantiasa dibimbing oleh Allah SWT, karena menanamkan nilai-nilai keislam sejak usia dini juga meletakkan dasar-dasar kemampuan berfikir anak melalui bermain.

Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat mulai menyadari akan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai dasar atau pondasi bagi putra putri mereka, sehingga sambutan masyarakat semakin besar. Ini terbukti dengan antusiasme warga masyarakat yang banyak menyekolahkan putra putrinya di Play Group Alvi Hidayah.