GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN PLAY GROUP ALVI HIDAYAH

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN PLAY GROUP ALVI HIDAYAH

A. PENDIDIKAN AGAMA

1.     Mengenal cipataan Allah
2.    Kewajiban terhadap Allah (shalat, puasa, beramal, dll.)
3.    Mengenal perbuatan baik dan buruk
4.    Mengenal tata cara berwudlu
5.    Mengenal alat shalat dan perlengkapannya
6.    Mengenal waktu shalat dan jumlah raka’atnya
7.    Mengenal riwayat Nabi-nabi
8.    Mengenal arti dan cara berpuasa secara sederhana
9.    Mengenal dan melaksanakan hari-hari besar Islam
10.    Mengucapkan dua kalimat syahadat
11.     Mengucapkan surat-surat pendek (al fatihah, al ikhlas, an nas, al ‘ashr,al kautsar)
12.    Mengucapkan asma’ul husna
13.    Mengucapkan do’a-do’a keseharian

  • Do’a akan dan bangun tidur
  • Do’a akan makan dan sesudahnya
  • Do’a masuk dan keluar rumah
  • Do’a untuk kedua orang tua
  • Do’a akan bepergian
  • Do’a selamat dunia dan akhirat
  • Do’a masuk dan keluar WC
  • Do’a akan berwudlu dan sesudahnya

B.    KEMAMPUAN BERBAHASA

  1. Nama bagian tubuh
  2. Nama anggota keluarga
  3. Nama benda dalam ruang belajar bermain
  4. Nama benda di luar ruangan
  5. Kata benda (nama binatang, nama orang, nama benda dll)
  6. Kata kerja (gerakan-gerakan tubuh)
  7. Kata sifat (ungkapan perasaan, rasa, jenis-jenis warna)
  8. Kata keterangan waktu (sekarang, kemarin, besok, pagi, sore, siang, malam)
  9. Kata keterangan tempat, posisi atau letak (di atas, di bawah, di samping, di belakang, dll.)
  10. Menirukan suara binatang
  11. Kata perintah (satu perintah, dua perintah)
  12. Bercerita (nabi-nabi, pahlawan dan fabel)
  13. Menceritakan pengalaman sendiri
  14. Menyusun kata-kata dengan melihat gambar
  15. Menyanyikan lagu-lagu Islami, nasional dan anak-anak
  16. Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan “apa, mengapa, di mana, berapa, bagaimana dll.)

C.    SENI KREATIFITAS

  1.  Menggambar dengan pensil warna
  2.  Bermain atau menciptakan permainan sendiri
  3.  Menggunting dan menempel
  4.  Musik atau irama dan mengekspresikan gerak sesuai dengan musik
  5.  Membuat alat musik perkusi sederhana (kerincingan, gendang, ketokan dan kaleng berisi biji-bijian
  6.  Mewarnai gambar
  7.  Melipat
  8.  Kolase
  9.  Menjiplak
  10.  Merobek
  11.  Menjahit
  12.  Kreasi dengan stempel

 

D.    SOSIAL EMOSIONAL

        (perasaan/emosi, disiplin, sosialisasi, kemandirian)

  1. Pengenalan diri (identitas diri)
  2. Bergaul dengan orang lain melalui bermain (bermain secara bebas dalam kelompok)
  3. Melaksanakan tata tertib/disiplin (di sekolah, di jalan, di rumah)
  4. Bermain secara bebas atau kelompok (bermain di dalam, di luar, bermain peran)
  5. Membantu orang tua atau guru membereskan alat bermain
  6. Bersikap baik dalam bermain/bergaul
  7. Sikap baik/menyayangi terhadap sesama
  8. Kerjasama (melatih kerjasama anak melalui tugas kelompok)
  9. Bersikap adil (melatih membagikan barang/makanan secara adil dan rata)
  10. Belajar mandiri (mencuci tangan, mencuci kaki, gosok gigi, mengenakan dan melepas pakaian, memakai dan melepas sepatu, menyisir rambut, mandi sendiri)

 

E.    FISIK

  1. Berjalan perorangan dalam ruangan/halaman (langkah biasa, pendek, panjang, berjalan lurus, angkat tumit, paha berlari cepat)
  2. Berjalan berkelompok
  3. Melompat ke depan, ke samping, ke belakang
  4. Gerakan gabungan berjalan, lari dan lompat secara perorangan atau kelompok
  5. Secara berpasangan melakukan latihan : saling melompat, saling tarik menarik, saling melempar dan melambungkan bola
  6. Menirukan berbagai macam gerakan binatang berkaki dua (burung bangau berdiri di atas satu kaki, bebek berjalan)
  7. Menirukan berbagai macam gerakan binatang berkaki empat (anjing berjalan, kelinci melompat, kera berjalan)
  8. Berjalan di atas papan titian
  9. Melakukan gerakan sesuai dengan irama musik

KOGNITIF

  1. Mengenal, dapat menyebut nama dan fungsi bagian-bagian penting tubuh
  2. Mengenal bagian tubuh yang ada di kepala dan fungsinya (mata, hidung, mulut, telinga, gigi, lidah)
  3. Mengenal bagian tubuh yang ada di badan dan fungsinya (leher, perut, punggung, pinggal, kuku, tangan, kaki)
  4. Mengenal dan dapat menyebut nama anggota keluarga dekat dan beberapa teman sekelas
  5. Mengenal hubungan keluarga dan nama ibu, ayah, kakak, adik, nenek, kakek
  6. Mengenal 10 orang teman sekelas
  7. Mengenal dan dapat menyebut nama, warna dan bentuk sejumlah alat permainan yang ada dalam kelas
  8. Mengenal 10 alat permainan
  9. Mengenal warna dasar (putih, biru, kuning merah, hijau, biru)
  10. Mengenal bentuk (bulat, lingkaran, sgi tiga, persegi)
  11. Mengenal persamaan dan perbedaan warna, bentuk, ukuran, suara (warna yang sama dan yang berbeda, bentuk yang sama dan yang berbeda, panjang yang sama dan yang berbeda, suara yang sama dan yang berbeda)
  12. Melakukan perbandingan dan menyusun urutan berdasarkan gradasi/tingkatan (warna gelap, kurang gelap, bentuk bulat, kurang bulat, setengah bulat, ukuran panjang, kurang panjang, paling panjang, suara nyaring, kurang nyaring, paling nyaring)
  13. Mengenal hubungan sebab akibat (akibat langsung : piring jatuh – pecah, hujan – tanaman basah. Akibat tidak langsung : listrik mati – tidak bisa belajar)
  14. Melakukan abstraksi yang diperlukan sebagai kemampuan dasar berhitung/matematika (menhitung benda 1-5, 6-10. menghafal benda 1-5, 6-10. menjumlah dua himpunan benda sambil menghitung, mengenal angka sebagai simbul bilangan, menjiplak, mewarna dan menulis angka)
  15. Melakukan atraksi sebagai kemampuan dasar berhitung
  16. Melengkapi gambar
  17. Mengelompokkan benda